Alergi Pada Orang Dewasa

Alergi kulit tidak hanya terjadi pada anak-anak namun alergi pada orang dewasa pun juga banyak. Alergi bukan penyakit, melainkan bakat yang diwariskan lewat garis darah. Itu maka tidak setiap orang membawa bakat alergi terutama menjadi penyebab penyakit alergi pada anak-anak. Hanya meraka yang ayah atau ibunya punya darah alergi saja yang mewarisi bakat alergi . Orang dengan bakat alergi membawa bakat itu dalam darahnya sepanjang hayat terutama pada masalah alergi yang diderita pada orang dewasa. 

Alergi Pada Orang Dewasa

Alergi Pada Orang Dewasa

Orang berbakat alergi tidak selalu muncul alerginya. Untuk menjadi alergi, perlu faktor pemicu atau allergen. Alergi pada orang berbakat alergi baru muncul bila faktor pemicunya hadir. Faktor pemicu atau allergen penyakit alergi orang dewasa umumnya datang daru luar tubuh. Allergen bisa berupa obat, kosmetik, bahan kimiawi, bahan metal dan makanan selain minuman.

139071_terkena-alergi_663_382

Penyakit alergi pada orang dewasa memiliki jenis allergennya sendiri-sendiri. Ada yang allergennya obat penisilin, yang tak tahan shampo, atau sabun. Ada juga yang takut kuat kalau makan udang.

Bakat alergi bisa terhadap lebih dari satu jenis allergen. Selain tidak tahan penisilin, mungkin tak kuat pula bila memakai ikat pinggang kulit, atau jam tangan imitasi. Atau yang tak tahan parfum beralkohol, suka gatal juga kalau habis minum minyak ikan. Bakat alergi kulit atau jenis alergi lainnya terhadap jenis-jenis allergen dibawa darah sejak kecil.

Faktor yang menyebabkan alergi pada orang dewasa antara lain karena:

1. Alergi Pada Orang Dewasa karena Faktor Keturunan

Apabila orang tua anda memiliki alergi terhadap sesuatu maka berhati-hatilah karena anda memiliki 60% resiko untuk mewarisi penyakit alergi kulit tersebut. Sedangkan jika orang tua anda tidak memiliki alergi maka anda hanya memiliki 15% resiko untuk mengidap penyakit alergi.

2. Alergi Pada Orang Dewasa karena Faktor Fisik.

Faktor fisik anda akibat kelelahan menjadi salah satu akibat munculnya penyakit alergi. Pada saat anda merasa kelelahan kekebalan tubuh akan menurun dan tidak dapat memfilter zat-zat yang masuk kedalam tubuh anda.

3. Alergi Pada Orang Dewasa karena Faktor Makanan.

Alergi terhadap suatu makanan sering kali terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Banyak gejala yang biasa ditimbulkan akibat sistem kekebalan tubuh melepaskan antibodi yang berguna untuk merespon masuknya makanan tertentu kedalam tubuh anda.

4. Alergi Pada Orang Dewasa karena Faktor Lingkungan Sekitar

Faktor lingkungan dapat mengakibatkan alergi terhadap anda yang mudah terkena alergi. Seseorang dapat mengalami alergi yang ada disekitar lingkunagan seperti debu, bau cat yang masih basah, asap rokok orang-orang sekitar anda, asap kendaraan, dll. Gejala alergi yang di timbulkan karena faktor lingkungan ini dnegan adanya gangguan pernafasan (asma), gejala batuk-batuk, dan Gejala mata merah.

5. Alergi Pada Orang Dewasa karena Faktor Cuaca Ekstrim

Akhir-akhir ini keadaan cuaca yang tidak menentu dan sering berubah-ubah seringkali terjadi. Udara panas, lembab, dan perubahan cuaca ekstrim dapat mengakibatkan alergi pada orang-orang tertentu yang alergi dengan cuaca tertentu. Biasanya alergi yang timbul karena faktor cuaca ini dengan adanya kesalahan pada kulit seperti bercak-bercak kemerahan.

6. Alergi Pada Orang Dewasa karena Faktor Spikis

Faktor spikis yang dimaksud menjadi sumber alergi ini adalah stress. Ketika anda sedang stress karena pekerjaan yang menumpuk dan masalah yang betubi-tubi, maka emosi sedang tidak dapat terkontrol dengan baik oleh anda. Stress juga dapat memicu produksi IgE dan protein yang dapat menyebabkan suatu reaksi pada tubuh yang dapat menimbulkan alergu kulit. Biasanya anda yang sedang mengalami alergi akibat stress akian menunjukkan gejala alergi kulit seperti gatal-gatal.

Dibawah ini cara yang dapat anda gunakan utnuk mengurangi alergu pada orang dewasa antara lain:

1. Sediakan antihistamin yang dapat mengurangi atau menyembuhkan alergi kulit yang anda derita. Antihistamin sejenis CTM dan difenhidramin yang dapat menyebabkan kantung bila dikonsumsi dan citirizine yang termasuk antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk namun berbahaya jika dikonsumsi oleh wanita hamil.

2. Menggunakan pengobatan yang dilakukan ketika alergi yang terjadi sudah semakin parah dan sering muncul. Pengibatan yang dapat digunakan adalah kortikostreoid. Pengobatan kortikostreoid ini adalah jenis pengobatan alergi kulit yang membutuhkan dana yang banyak dan waktu yang cukup lama untuk penyembuhan.

3. Menerapkan pola makan yang sehat dan tidak memicu munculnya penyakit alergi kulit. Pola makan yang sehat yang dapat diambil seperti mengkonsumsi buah-buahan, sayuran segar, kacang-kacangan, yang mengkhususkan anda untuk mengkonsumsi buah apel, jeruk, anggur dan tomat yang mampu menurunkan risiko penyakit alergi. Sebagai langkah awah pola hidup sehat yang anda ambil cobalah tambahkan setidaknya satu jenis buah dan sayuran setiap kali anda makan untuk menghindari alergi pada orang dewasa.

4. Menjauhi pemicu yang dapat mengakibatkan alergi kulit pada tubuh anda. Cobalah jauhi tempat-tempat yang bersuhu dingin yang ekstrim dan hindari kebiasaan mandi malam yang sering anda lakukan. Apabila anda ingin mandi di malam hari anda dapat mensiasatinya dengan mandi menggunakan air hangat. Selain itu anda juga dapat menemui dokter ahli alergi untuk melakukan konsultasi mengenai alergi yang sedang anda alami. Bila perlu lakukan tes alergi kulit untuk membantu anda menemukan pemicu yang membuat anda sering mengalami alergi.

 

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Kulit and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *