Cara Mengatasi Alergi Kulit Secara Alami

Cara mengatasi alergi kulit secara alami merupakan suatu keadaan yag ditandai dengan rangsangan imun yang sangat kuat pada alergen atau bahan pemicu dari alergi. Alergen biasanya tidak berbahaya bagi tubuh, namun karena sistem imun yang salah menangkap responnya menyebabkan alergen dianggap sebagai bahan yang berbahaya.

alergi kulit

Salah satu jenis alergi adalah alergi kulit. Alergi kulit atau dermatitis atopik atau dermatitis kontak alergik yang bisa muncul pada orang yang terkena alergi pada bahan-bahan tertentu atau juga bahan yang menyusun suatu produk. Gejala alergi yang biasanya muncul pada alergi kulit adalah kemerahan, radang, bengkak, biduran dan juga gatal-gatal.

Cara mengatasi alergi kulit secara alami adalah dengan melakukan diagnosis terlebih dahulu. Hal yang sangat penting yang dilakukan dalam diagnosis alergi adalah dengan melakukan pemeriksaan yang teliti terlebih dahulu pada gejala-gejala yang Anda alami. Kemudian dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk membantu menyingkirkan suatu kemungkinan dari kondisi yang bisa menimbulkan reaksi yang bentuknya mirip dengan alergi.

Cara mengatasi alergi kulit secara alami adalah:

1. Dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah. Karena rumah merupakan tempat untuk berlindung dari terjadinya ketegangan pada sehari-hari. Walaupun demikian, rumah memang tidak bisa menjamin bahwa bisa bebas dari alergi. Alergen bisa ditemukan dirumah kita sendiri. Lalu bagaimana cara menghindari munculnya alergen dirumah kita?

Cara mengatasi alergi kulit secara alami dengan membersihkan alergen dari lingkungan rumah adalah hindarilah rak buku yang terbuka karena rak buku banyak menyimpan debu dan juga banyak kutu debu.

2. Atur temperatur ruangan yang harus tetap dijaga dengan suhu antara 18 derajat-20 derajat celcius hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya peningkatan pada jumlah kutu pada buku.

Cara mengatasi alergi kulit secara alami dengan membersihkan lingkungan rumah adalah dengan menggunakan cat tembok yang anti jamur dan juga jika memungkinkan penggunaan antu alergi. Sebaiknya, hindarilah penggunaan karpet atau lantai kayu atau juga keramik dengan menggunakan keramik yang terbaik

3. Gunakanlah penyaring udara yang bersih tutuplah ventilasi AC dengan menggunakan kain yang anyamannya longgar untuk membantu menyaring partikel udara dengan menggunakan efisiensi yang tinggi dan gunakan ionizer untuk membantu memurnikan udara.

4. Cara Mengatasi Alergi Kulit Secara Alami dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang dapat memicu alergi kulit. Yang dapat memicu timbulnya alergi kulit seperti susu, telur, beberapa jenis kacang-kacangan, soefood atau makanan laut. Pola makan seperti sayuran segar, buah-buahan, dan kacang, khususnya anggur, apel, jeruk, dan tomat,  memiliki gejala alergi lebih sedikit.

5. Pada penyakit tertentu dapat menimbulkan alergi kulit. Penyakit tertentu tersebut seperti cacar air yang terdapat beberapa benjolan ditubuhnya yang berisi cairan. Ketika benjolan berisi cairan itu mulai mengering akan timbul rasa gatal. Cara Mengatasi Alergi pada Kulit Secara Alami yaitu dengan menaburkan bedak pereda gatal yang mengandung calicyl.

Selain cara – cara mengalasi alergi kulit diatas juga ada Cara Mengatasi Alergi Kulit Secara Alami yang lainnya seperti dengan:

1. Daun Salam

Bahan alami yang dapat anda gunakan untuk membantu mengatasi alergi pada kulit anda yaitu dengan menggunakan daun salam. Cara yang perlu anda terapkan cukup dengan membersihkan beberapa lembar daun salam yang masih segar. Setelah daun salam dicuci kemudian tumbuk kasar dan letakkan pada bagian kulit yang mengalami gatal akibat alergi.

2. Jahe

Cara Mengatasi Alergi Kulit Secara Alami dengan menggunakan jahe. Caranya dengan siapkan 15 gram jahe yang ditambahkan dengan 30 cc cuka beras putih serta gula merah secukupnya. Setelah semua bahan siap kemudian rebus menggunakan 400 cc air sampai air menyusut hingga setengahnya. Kemudian saring rebusan jahe dan minum secara rutin dan teratur.

3. Temu Hitam

Untuk mengatasi gatal yang anda rasakan akibat dari alergi yang anda derita. Dapat menggunakan temu hitam sebagai cara mengatasi alergi kulis secara alami. Dengan bahan temu hitam dan kunyit yang dihaluskan. Setelah anda menghaluskan temu hitam dan kunyit kemudian anda dapat mengoleskan ramuan pada kulit yang terasa gatal sebanyak tiga kali sehari.

4. Minyak goreng dan garam

Selain bahan-bahan yang sudah kita bahas diatas kita juga dapat menggunakan minyak goreng dan garam. Minyak goreng dan garam yang seringkali anda jadikan sebagai bahan masakan ternyata juga dapat anda gunakan untuk mengatasi gatal akibat alergi kulit yang anda rasakan. Cara membuat ramuan tersebut adalah minyak goreng yang dicampurkan dengan sedikit garam, yang kemudian dapat anda oleskan pada kulit yang terasa gatal.

5. Leunca

Atau anda dapat menggunakan leunca untuk cara mengatasi alergi kulit secara alami. Lenca yang biasa anda campurkan dengan masakan anda ternyata juga bisa mencari bahan untuk mengatasi alergi pada kulit yang sedang anda derita. Cara untuk membuat ramuan berbahan leunca ini adalah dengan menghaluskan leunca dan oleskan pada bagian kulit yang terasa gatal.

Beberapa gejala yang ditimbulkan karena beberapa jenis alergi seperti mulai munculnya bintik-bintik kemerahan yang terasa sangat gatal yang dapat muncul dengan tiba-tiba dan dapat menghilang saat suhu kembali hangat. Serta hidung yang terus berair yang disusul dengan gejala lainnya seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Kulit and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *