Penanganan Alergi

Penanganan Alergi yang diderita dalam bentuk apapun sebaiknya tidak disepelekan begitu saja. Bila dibiarkan akan berkembang lebih parah dan terbawa hingga anda dewasa. Bahkan alergi kulit atau alergi apapun bisa berakhir petaka bila muncul reaksi alergi berat uang menyebar ke seluruh tubuh dan menimbulkan syok dengan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba dan penyempitan saluran napas atau yang disebut syok anafilaksis.

Semua gejala alergi tidak bersifat menetap tapi hilang timbul. Karena itu, alergi tidak akan hilang. Pengobatan dilakukan dengan menghindarkan alergen dari sekitar diri anda. Itulah perlunya kita tahu faktor penyebab alergi pada si kecil. Bila gejalanya tak jua hilang kendati alergennya sudah dihindarkan, harus ditekan minum obat. Misal si kecil sering bersin dan hidungnya mampet, biasanya diberikan obat minum antihistamin. Obat ini bekerja berlawanan arah dengan histamin yang menyebabkan timbul gejala alergi. Bila berupa asma diberikan obat-obatan untuk asma yang sudah diresepkan oleh dokter. Dan untuk dermatitis atopik juga dengan obat-obatan untuk mengatasi dermatitisnya.

Sebaiknya orangtua perlu memahami jenis-jenis penyakit alergi pada anak termasuk mencermati pencetus alergi anak.Penanganan alergi tidak selalu sama pada setiap tingkatan alergi yang menyerang anda.

Apabila alergi yang anda alami masih dalam tahap yang ringan tindakan yang dapat dilakukan untuk penderita antara lain:

  1. Apabila anda pengalami gatal-gatal segera oleskan pelembab yang mengandung kalamin atau berikan sesuatu yang dingin.
  2. Anda harus mengetahui dan mengidentifikasi faktor yang memicu munculnya alergi kulit. Jika anda sudah mengetahui pemicunya segera jauhkan penderita dari pemicu tersebut. Apabila pemicu alergi berupa sengatan lebah maka sebaiknya dilakukan penanganan alergi dengan mengeluarkan sengat dengan pencungkil dengan menggubakan kuku anda dan jangan gunakan pinset karena bisa menghancurkan sengatan yang berakibat racun akan menyebar lebih banyak lagi kedalam tubuh.
  3. Coba anda menenangkan diri anda karena kecemasan justru malah akan memperparah kondisi alergi anda.
  4. Anda harus mengontrol diri dengan gejala-gejala yang dapat meningkatkan stress anda.
  5. Gejala alergi anda yang masih ringan biasanya hanya memerlukan penanganan alergi yang ringin pula dengan menggunakan obat seperti antialergi.

Penanganan alergi dengan rekasi alergi yang sudah parah:

  1. Tetap berada pada prinsip mencoba untuk menenangkan penderita atau menenangkan diri anda apabila anda yang terkena alergi kulit. .
  2. Segera lakukan pemeriksaan ABC. Jika penderita menunjukkan tanda-tanda adanya pembengkakan yang terjadi pada saluran napas seperti mengi, suara serak, sulit bernapas atau sesak nafas, dan lemas bahkan bisa sampai pingsan maka sebaiknya segera ditangani oleh ahli medis. Sebagai penanganan alergi darurat bisa memberi bantuan nafas pada penderita alergi.
  3. Untuk menghindari terjadinya syok pada penderita alergi penanganan alergi yang dapat dilakukan dengan membaringkan penderitadi pada tempat yang datar. Kemudian naikkan kaki penderita stinggi 12 inchi. Gunakan kain atau jaket untuk membuat tubuh penderita menjadi hangat. Namun, jangan lakukan tindakan seperti ini pada penderita jika penderita mengalami cedera di kepala, punggung, leher, atau kaki.
  4. Jika alergi yang dialami penderita disebabkan dari sengatan lebah maka ada baiknya hilangkan sengat dengan pencungkil. Bukan dengan menggunakan penjepit.
  5. Penanganan alergi dengan segera berikan obat alergi yang biasa dikonsumsi oleh penderita. Namun, jangan berikan obat melalui mulut jika penderita sulit bernapas. Anda dapat menggunakan bedak atau lotion yang dapat dioleskan pada alergi kulit.

Penyebab alergi dapat terjadi pada diri anda. Alergi yang dialami memiliki jenis yang bermacam-macam seperti:

  • Alergi yang disebabkan karena debu yang biasanya sejenis tungau yang paling sering ditemukan di sudut-sudut ruangan, tempat tidur, dll. Alergi karena debu biasanya menyebabkan mata gatal, bersin-bersin, hidung eer, batuk, hidung gatal, dan iritasi pada tenggorokan dan masih banyak lagi gejala yang muncul karena alergi tungau ini. Pada alergi ini penanganan alergi yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan bedak yang mengandung salicyl.
  • Alergi yang disebabkan karena cuaca dingin. Biasanya alergi cuana ini menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat mengakibatkan penderita alergi mengalami flu, hidung yang memerah, serta muncul bercak merah pada kulit dan gatal. Penanganan alergi kulit pada cuaca dingin dapat menggunakan baju yang hangat supaya tubuh anda menjadi merasa hangat dan gejala alergi semakin lama semakin hilang.
  • Alergi yang disebabkan karena salah makan. Pada penderita alergi makanan ini biasanya terjadi penolakan oleh tubuh yang menilai makanan yang masuk kedalam tubuh adalah sesuatu yang sangat berbahaya. Oleh sebab itu tubuh kita akan mengeluarkan zat kimiawi yang berupa histamin. Apabila tubuh sudah mengeluarkan histamin maka tubuh kita akan menunjukkan gejala seperti hidung yang terus mengeluarkan air, mata yang gatal, dan bercak merah pada kulit yang disertai rasa gatal. Penanganan alergi kulit dengan menggunakan obat antihistamin. Namun anda harus selalu hati-hati bahwa obat anti histamin memiliki 2 generasi. Generasi pertama seperti obat CTM yang dapat menyebabkan kantung bila anda konsumsi. Generasi yang kedua adalah seperti obta Citirizine yang tidak menyebabkan kantung bila anda konsumsi. Namun, ada baiknya anda tidak memberikan penanganan alergi pada generasi kedua ini kepada ibu hamil karena akan berpengaruh pada janin dalam kandungan.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Kulit and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *