Penyakit Alergi

Penyakit Alergi adalah suatu reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat-zat tertentu yang berasal dari luar seperti makanan, kosmetik, debu, udara, obat, serbuk sari, bulu binatang, dll. Zat-zat yang menyebabkan alergi juga disebut alergen.  Reaksi alergi yang timbul dapat berupa gatal-tagal termasuk rasa gatal pada mata, bersin-bersin, hidung tersumbat, mata berair, masalah pernapasan seperti sesak, diare, timbul ruam, merasa lelah atau sakit, bahkan kematian.

Penyakit Alergi

Penyakit Alergi

Gejala yang timbul dapat berbeda pada setiap orang dan tergantung dari jenis alergennya. Alergi terhadap makanan dapat menimbulkan reaksi kram perut, muntah, atau diare. Sedangkan sengatan serangga dapat menyebabkan reaksi alergi berupa pembengkakan disekitar area sengatan kemerahan dan nyeri.

Alergi yang terkait dengan pernapasan biasanya ditandai dengan bersin-bersin, hidung terasa gatal, berair atau tersumbat dan sukar bernapas. Sedangkan alergi pada kulit dapat menimbulkan urtikaria (kaligata) maupun eksim.

Kurangnya asupan vitamin dan mineral dari sumber makanan atau ketidakmampuan lapisan dinding usus menyerap nutrisi dalam jumlah yang cukup dapat mengakibatkan seseorang rentan terhadap timbulnya alergi. Agar terhindar dari resiko alergi, tindakan yang paling baik adalah dengan mengamati faktor pemicunya dan kemudian menghindarinya. Menjaga kebersihan badan juga akan membantumengatasi penyakit alergi.

Beberapa tips yang perlu anda lakukan untuk dapat mengatasi penyakit alergi yang anda derita.

- Menghilangkan pemicu alergen.

Setiap kali anda setelah bepergian dan kembali kerumah, anda pasti akan membawa serta partikel-partikel dari dunia luar seperti debu, asap kendaraan diluar, asap rokok, dll. Setelah anda berada di alam terbuka, maka pakaian dan sepatu yang anda pakai serta rambut dan kulit anda pasti akan ditutupi dengan partikel kecil yang berasal dari tempat yang anda kunjungi selama berada diluar rumah. Anda dapat mencegah penyakit alergi datang dengan cara mandi membersihkan diri dan mengganti pakaian maka anda dapat menghilangkan alergi yang ada di tubuh anda. Satu lagi dengan anda melepas sepatu yang anda pakai dapat menjaga alergen agar tidak masuk kedalam rumah anda.

- Menjaga pola makan yang sehat.

Anda ingin menjauhkan keluarga dari penyakit alergi cukup dengan cara menjaga selalu pola makan keluarga yang sehat. Pola makan yang sehat dapat menyegarkan kulit dan menjauhkan anda dan keluarga dari alergi kulit. Makanan yang baik untuk tubuh dan kulit seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan seperti anggur, tomat, jeruk, apel, dll. Ada baiknya anda menambahkan setidaknya satu buah segar dan sayuran setiap kali anda dan keluarga makan.

- Meningkatkan asupan Vitamin D

Vitamin D dapat anda dapat dari minyak ikan dan lemak ikan seperti ikan tuna dan salmon. Selain ikan tuna dan salmon anda juga dapat memperoleh vitamin D dari suplemen atau dari sinar matahari pagi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala alergi dan dapat memperburuk penyakit alergi anda. Usahakan untuk mendapatkan setidaknya 200 IU vitamin D setiap harinya.

Ciri-ciri penyakit alergi kulit dan beberapa tanda yang timbul:

- Kulit kering

alergi kulit kering

alergi kulit kering

Kulit yang kering dapat terjadi karena berbagai alasan dan ditandai dnegan gatal dan cracking. Kulit kering ini pada umumnya sering terjadi pada kaki,lengan dan daerah perut.

 

- Dermatitis

alergi kulit dermatitis

alergi kulit dermatitis

alergi Dermatitis adalah istilah yang paling umum digunakan untuk menggambarkan peradangan yang terjadi pada kulit anda. Gejala dari peradangan kulit dermatitis ini ditandai dengan munculnya ruam berwarna merah muda atau merah yang disertai dengan rasa gatal yang tak tertahankan.

- Gatal-gatal

alergi kulit gatal dan bentol

alergi kulit gatal dan bentol

Penyakit alergi kulit yang di menimbulkan gatal ini mengangkat bekas pada kulit, sering muncul bercak-bercak kemerahan, dan rasa sakit saat disentuh. Gejala alergi kulit itu sering muncul yang disebabkan oleh reaksi negatif terhadap obat atau alergen.

 

 

Makanan yang paling sering menyebabkan penyakit alergi kulit muncul seperti:

– kacang pohon yang termasuk kacang almond, kenari, dll yang dapat anda temukan di dalam saus, kue, pencuci mulut, dll.
– Hewan laut yang bercangkang seperti udang, kepiting, lobster dan pasta udang.
– alergi kulit pada susu sapi yang terkandung dalam yogurt, krim, keju, dll.

Pengobatan yang dapat dilakukan kepada penderita penyakit alergi sangat berfariasi tergantung jenis dan berat alergi yang diderita. Tujuan dilakukannya pengobatan ini adalah untuk mengurangi gejala dan menghindari reaksi alergi yang akan kembali di waktu yang akan datang.

Gejala alergi yang masih tergolong ringan atau ter lokalisir mungkin tidak memerlukan pengobatan yang khusus. Pada penderita alergi kulit yang masih ringan dan tidak terlalu parah, anda dapat menggunakan bedak yang mengandung salicyl atau lotion yang mengandung antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang menyerang tubuh anda. Atau dapat menggunakan obat antihistamin seperti CTM yang masih dalam tingkatan yang ringan.

Untuk anda yang menderita penyakit yang sudah berat anda dapat memberikan obat cetirizine yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Apabila alergi kulit yang anda derita sudah semakin sering muncul maka anda harus melakukan pengobatan lanjutan dengan menggunakan obat kortikostreoid.

Pengobatan dengan kortikostreoid adalah jenis pengobatan yang tidak amam apabila dilakukan dalam jangka watu yang lama. Dapat juga dengan menyuntikkan imunoterapi ke dalam tubuh dengan jumlah yang meningkat secara berkala. Akan tetapi penyuntikan imunoterapi ini memerluka dana yang cukup besar dan waktu yang cukup lama.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Kulit and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>