Penyakit Kulit Alergi

Alergi umumnya bukan penyakit mematikan, namun alergi seringkali mengganggu dan mengurangi kualitas hidup. Misalnya ketika yang lain boleh menikmati enaknya udang goreng saus tiram, penderita alergi terpaksa harus gigit jari karena sekali makan udang, sekujur tubuhnya akan bentol-bentol dan gatal. Udang termasuk makanan yang cukup sering memicu reaksi alergi bagi orang yang sensitif.

Alergi adalah suatu gangguan pada sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Pada orang yang sehat, sistem imunitas berada dalam keadaan seimbang yang memberikan perlindungan maksimal terhadap gangguan benda-benda asing dari luar tubuh dan meminimalkan reaksi tubuh yang berbahaya terhadap adanya gangguan tersebut. Tetapi pada orang yang alergi, terjadi ketidakseimbangan, sehingga reaksi yang dimunculkan oleh tubuh menjadi berlebihan, atau dengan kata lain disebut hipersensitif. Karena itu, alergi disebut juga penyakit hipersensitivitas.

Penyebab alergi disebut alergen dan bisa berasal dari bermacam-macam hal. Pada kasus alergi pada saluran pernafasan, alergen bisa berupa debu, kutu kucing atau anjing, jamur dan lain-lain. Pada alergi makanan, berbagai macam makanan yang mengandung protein tinggi seringkali menjadi penyebab alergi, seperti udang, telur atau susu. Obat atau senyawa asing bagi tubuh juga bisa menjadi alergen bagi orang yang hipersensitif. Sulitnya, ketika pertama kali alergi terjadi, seringkali kita tidak bisa dengan cepat menentukan alergen yang menjadi penyebab. Selain harus dengan mencermati si alergen, biasanya perlu dilakukan tes alergi pada kulit untuk memastikan penyebab alergi.

Ketika suatu alergen pertama kali masuk ke dalam tubuh, ia akan memicu tubuh untuk membuat antibodi yang disebut imunoglobulin E (IgE). IgE ini kemudian akan terikat pada sel mast yang banyak tersebar di bagian tubuh terutama pada tempat-tempat yang sering kontak dengan lingkungan seperti selaput lendir hidung, saluran nafas/bronkus, kulit, mata, mukosa usus dan lain-lain.

Sel mast adalah salah satu sel tubuh manusia yang memproduksi dan bisa melepaskan suatu senyawa yang disebut histamin. Pada kondisi ini tubuh kita dikatakan tersensitisasi. Pada paparan alergen berikutnya, alergen akan mengikat antibodi IgE yang sudah menempel pada sel mast. Ikatan alergen dengan IgE yang menempel di sel mast ini lalu memicu pelepasan histamin, dan histamin inilah yang kemudian bekerja menyebabkan berbagai reaksi tubuh seperti gatal,bentol, bengkak, sesak nafas (pada penderita asma), batuk, dan lain-lain. Bahkan bisa sampai pada reaksi yang terberat yaitu hilangnya kesadaran yang disebut syok anafilaksis. Syok anafilaksis terjadi karena histamin yang dilepaskan sedemikian banyak sehingga menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah (vasodilatasi). Akibatnya pasien mengalami penurunan tekanan darah drastis dan menyebabkan pingsan atau syok.

Cara Mengatasi Alergi

Pada sebagian orang, alergi dapat disembuhkan ketika sistem imun bekerja semakin baik. Tetapi sebagian besar penyakit alergi sulit disembuhkan kecuali dengan terapi desensitisasi. Terapi ini membuat tubuh semakin kurang sensitif terhadap alergen dengan cara mengeksposnya terhadap alergen dengan dosis yang semakin lama semakin besar sampai penderita kebal terhadap alergen tersebut. Terapi terapi ini butuh waktu lama dan cukup mahal. Cara lain yang murah adalah dengan menjauhi pemicunya. Jika alergi udang tentunya jangan makan udang. Jika alergi debu jangan bermain di tempat yang berdebu dan harus menjaga kebersihan rumah


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Kulit and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Penyakit Kulit Alergi

  1. ahmad hadi sugianto says:

    Saya sering sekali mengalami alergi(seluruh badan,muka pada bengkak,,batuk.,mata merah bahkan sesak napas) mohon bgimana cara mengobatinya,,saat ini sya mengkonsumsi interistin,,jika dikonsumsi terus sya takut

  2. Johan Kurniawan says:

    Kupasan mengenai gatal karena alergi nya begitu bagus & lengkap. Apa saya bisa copy artikelnya?
    Terimakasih sebelumnya.

    Salam

    Johan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>