Penyebab Alergi Kulit

Ada sejumlah bahan pemicu reaksi Penyebab Alergi Kulit yang berbeda-beda pada seseorang, tergantung pada susunan genetika orang tersebut.

penyebab alergi kulit

penyebab alergi kulit

 

Berikut adalah beberapa alergen yang paling sering dijumpai, diagnosis dan terapi alergi.

1. Kutu Debu

Organisme mikroskopis ini hidup pada debu rumah. Debu rumah merupakan campuran bahan-bahan yang berpotensi menimbulkan alergi, seperti serat dari kain yang berbeda-beda, kulit hewan yang mengelupas, bakteri , spora jamur atau cendawan, partikel-partikel makanan, bagian-bagian tanaman, kulit mati dan lain-lain. Kutu debu berkumpul di karpet, kasur dan bantal. Kotoran mereka menyebabkan reaksi alergi pada kulit yang hipersensitif. Kutu debu ini mempengaruhi 90% orang yang menderita alergi.

2. Serbuk Sari Bunga dan Pohon

Memicu reaksi pada 70% orang yang menderita alergi. Penyebab Alergi Kulit dari sari bunga ini dapat kita hindari dengan cara menggunakan masker saat anda akan memotong rumput atau berkebun.

3. Hewan Peliharaan

Mereka adalah penyebab terbesar ketiga reaksi alergi. 40% anak penderita asma alergi terhadap protein yang dikeluarkan kelenjar minyak kulit hewan ataupun protein pada air seni dan air liur hewan.

4. Jamur

Yang dimaksud adalah fungi yang berukuran mikroskopis dengan spora yang dapat melayang-layang di udara seperti serbuk sari . Jamur lebih sering terdapat pada musim gugur dan dapat menyebabkan serangan asma yang parah.

5. Makanan

Bahan pangan yang paling sering menyebabkan alergi adalah susu, cokelat, telur, ikan, dan kacang. Pewarna dan pengawet makanan dapat juga memicu reaksi alergi

6. Obat

Beberapa orang mengalami reaksi alergi terhadap obat-obatan tertentu. Terapi terbaik untuk mengatasi alergi obat adalah menghindari obat-obatan tersebut. Ada sejumlah bahan dalam produk kosmetik dan parfum yang dapat memicu alergi pada beberapa orang.

Makanan yang dapat anda gunakan untuk mengurangi adanya Penyebab Alergi Kulit.

1. Mengkonsumsi Quercetin

Quercetin mengandung kaya akan bioflavonoid yang dapat mengurangi reaksi penyebab alergi kulit dengan memberikan efek antihistamin yang anda perlukan. Quercetin juga dapat mengurangi terjadinya inflamasi yang terjadi pada diri anda. Makanan pemilik Quercetin apel, anggur, pear, bayam, kubis, tomat, bawang bombay dan sayur-sayuran berwarna hijau lainnya.

2. Magnesium

Magnesium memiliki fungsi utama yaitu berperan dalam manipulasi substansi-substansi polyphospate biologis seperti ATP (Adenosine triphosphate). Adenosine triphosphate yaitu sejenis nukleotid yang terlibat dalam sebuah proses pembentukan energi yang terjadi dalam sel, DNA, dan RNA. Ion magnesium sangat dibutuhkan ratusan enzim untuk dapat berfungsi dengan sempurna. Makanan yang memiliki kandungan magnesium yang tinggi seperti kacang Almond, bayam, alpokat, tiram, rempah-rampah, sereal, kopi, kakao, kacang tanah, dan soba. Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga mengandung klorofil yang kaya akan kandungan magnesium.

3. Beta-caroten

Bentuk awal beta-caroten adalah bitamin a yang mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjaga sistem pernafasan dapat bekerja dengan baik dan optimal. Beta-caroten merpakan salah satu antioksidan yang sangat kuat yang terkandung dalam ubi jalar, pepaya, kale, mangga, dan bayam.

4. Omega 3

Dari sebuah penelitian membuktikan bahwa asam lemak omega 3 mampu membantu menurunkan risiko perkembangan penyebab alergi kulit dan juga dapat mengurangi gejala-gejalanya. Asam lemak omega-3 dapat kita temukan pada hewan laut seperti ikan salmon dan ikan tuna. Selain itu anda juga dapat menemukan kandungan omega 3 pada telur ayam dan walnut yang merupakan jenis kacang yang paling banyak mengandung asam lemak omega 3.

5. Vitamin C

Vitamin C yang merupakan antihistamin paling alamin yang sangat bagus untuk penderita alergi. vitamin C juga dapat membantu mencegah terjadinya gejala-gejala penyebab alergi kulit dan mencegahn peradangan yang terjadi. Beberapa jenis makanan-makanan yang baik untuk tubuh dan banyak mengandung Vitamin C diantaranya seperti paprika merah dan paprika hijau, pepaya, melon, lemon, jambu, leci, jeruk strawberi dll.

6. Madu

Madu mampu mengatasi alergi dengan cara merangsang dan memperbaiki sistem imunitas kelenjar LIMFOSIT agar zat IMMUNO globulin E (IgE) yang dihasilkan tidak berlebihan (normal) sehingga tidak menimbulkan gejala hipersensitif terhadap zat zat yang masuk kedalam tubuh maupun yang menempel di kulit.

Bila alergi yang diderita dalam jangka waktu lama sehingga menimbulkan infeksi maka harus didahului dengan madu agar bisa merangsang kelenjar limfoid yang bertugas mengeluarkan zat IMUNITAS jenis IMMUNOglobulin G(IgG), IMMUNO globulin A (IgA) untuk memberi respon antibakteri, anti virus, anti toksin,  anti jamur, anti infeksi, dan IMMUNO globulin M (Ig M), IMMUNO globulin D (Ig D) dalam jumlah yang memadai agar dengan cepat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Beberapa cara untuk mengatasi penyebab alergi kulit.

  1. Dengan menggunakan bedak yang mengandung salicyl atau lotion yang mengandung antihistamin.
  2. Untuk anda yang alergi terhadap cuaca dingin sebaiknya menggunakan mantel atau jaket agar tubuh anda menjadi hangat dan dapat mengurangi penyebab alergi kulit yang anda derita.
  3. Mengkonsumsi obat antihistamin seperti CTM. Namun harus sesuai dengan dosis yang sudah tertera pada pembungkus obat karena obat ini dapat menyebabkan kantuk.
  4. Melakukan pengobatan lanjutan bila penyebab alergi kulit yang anda alami sudah semakin parah dan semakin sering terjadi.
  5. Mandi dengan air hangat dapat membantu mengatasi alergu kulit karena cuaca dingin.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Kulit and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Penyebab Alergi Kulit

  1. indra says:

    klw ‘roti’ gmn Pak/Ibu, soalnya klw saya makn itu responnya lebih cepat daripada makanan yg lain..

  2. rin says:

    apakah saus tiram bisa menyebabkan alergi bentol-bentol dan gatal juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>