Penyebab Alergi

Alergen adalah penyebab alergi yang masuk ke dalam tubuh dapat dengan cara menghirup, menelan, atau kontak dengan kulit. Sistem kekebalan tubuh orang alergi menganggap bahwa alergen yang masuk adalah zat berbahaya dan akan menganggu tubuh sehingga antibodi (Ig E) akan dihasilkan untuk mengikat alergen tersebut dan melekat dengan sel mast. Sel mast akan melepaskan berbagai bahan kimia ke dalam darah termasuk histamin dan serotonin. Histamin inilah yang akan menimbulkan reaksi imunitas seperti kemerahan, gatal-gatal pilek, bersin.

Alergi juga dapat disebabkan oleh Eosinifil (sel khusus dari sistem kekebalan tubuh) ketika mereka melepaskan hidrogen peroksidase di area alergi dalam upaya untuk menghancurkan antigen. Pada orang yang menderita  alergen bisanya memiliki jumlah esonifil yang tinggi. Reaksi alergen yang timbul dapat berupa keluhan yang ringan hingga berat. Reaksi yang paling berat disebut anaflaksis, dimana alergen menyebabkan reaksi alergi di seluruh tubuh yang dapat mencakup :

  • Gatal yang hebat diseluruh tubuh
  • Sesak napas
  • Suara serak atau sesak di tenggorokan
  • Kesemutan di tangan, kaki, bibir, atau kulit kepala. Reaksi anaflaksis dapat mengancam jiwa sehingga memerlukan pertolongan medis sesegera mungkin.

Tidak semua orang memiliki alergi meskipun alergi bisa terjadi pada siapa saha termasuk anak-anak. Tetapi setiap anak memiliki resiko mengidap alergi meskipun tidak ada riwayat penyakit ini dalam keluarga.

Bila salah satu orang tua menderita alergi, maka anak mereka juga memiliki resiko terjadinya alergi meskipun alergen penyebabnya tidak selalu sama dengan orangtuanya. Resiko menderita alergi semakin besar bila kedua orangtuanya memiliki riwayat penyakit alergi. tetapi tidak semua anak memiliki resiko yang sama, bisa satu anak yang alergi sedangkan yang lain tidak mengalaminya.

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Kulit and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>