Penyebab Alergi

Alergen adalah penyebab alergi kulit yang masuk ke dalam tubuh dapat dengan cara menghirup, menelan, atau kontak dengan kulit. Sistem kekebalan tubuh orang alergi menganggap bahwa alergen yang masuk adalah zat berbahaya dan akan menganggu tubuh sehingga antibodi (Ig E) akan dihasilkan untuk mengikat alergen tersebut dan melekat dengan sel mast. Sel mast akan melepaskan berbagai bahan kimia ke dalam darah termasuk histamin dan serotonin. Histamin inilah yang akan menimbulkan reaksi imunitas seperti kemerahan, gatal-gatal pilek, bersin.

penyebab alergi

penyebab alergi

Alergi kulit juga dapat disebabkan oleh Eosinifil (sel khusus dari sistem kekebalan tubuh) ketika mereka melepaskan hidrogen peroksidase di area alergi dalam upaya untuk menghancurkan antigen. Pada orang yang menderita  alergen bisanya memiliki jumlah esonifil yang tinggi. Reaksi alergen yang timbul dapat berupa keluhan yang ringan hingga berat. Reaksi yang paling berat disebut anaflaksis, dimana alergen penyebab alergi yang menyebabkan reaksi di seluruh tubuh yang dapat mencakup :

  • Gatal yang hebat diseluruh tubuh
  • Kulit yang berubah warna membiru/hitam
  • Sesak napas
  • Suara serak atau sesak di tenggorokan
  • Kesemutan di tangan, kaki, bibir, atau kulit kepala. Reaksi anaflaksis dapat mengancam jiwa sehingga memerlukan pertolongan medis sesegera mungkin.

Tidak semua orang memiliki alergi meskipun alergi bisa terjadi pada siapa saha termasuk anak-anak. Tetapi setiap anak memiliki resiko mengidap alergi meskipun tidak ada riwayat penyakit ini dalam keluarga.

Bila salah satu orang tua menderita alergi, maka anak mereka juga memiliki resiko terjadinya alergi kulit meskipun alergen penyebabnya tidak selalu sama dengan orangtuanya. Resiko menderita alergi semakin besar bila kedua orangtuanya memiliki riwayat penyakit alergi. tetapi tidak semua anak memiliki resiko yang sama, bisa satu anak yang alergi sedangkan yang lain tidak mengalaminya.

Untuk menghindari penyakit alergi kulit yang mungkin mengerang anda ada baiknya anda mengambil beberapa cara dibawah ini:

  1. Menggunakan pakaian yang tebal untuk membuat tubuh anda menjadi hangat. Pilihlah pakaian yang tidak memicu alergi lainnya dan jauhi bahan pakaian yang berbahan wol atau serat yang berlebih.
  2. Menjauhi stress yang menjadi salah satu penyebab alergi kulit. Ketika anda sedang mengalami stress, sel immunoglobulin melepaskan hastamin yang dapat menyebabkan tubuh anda menjadi alergi. Oleh sebab itu usahakan untuk anda menghindari stress yang berlebihan untuk mengurangi munculnya penyakit alergi kulit pada diri anda.
  3. Asap roko dapat memperburuk keadaan alergi anda. Jika anda termasuk perokok aktif ada baiknya anda segera mengambil tindakan untuk berhenti merokok dan meminta orang lain yang ada dirumah anda untuk berhenti merokok juga. Cobalah menghindari tempat-tembat dimana orang biasa merokok, memilih lestoran, klub malam, dan kamar hotel yang bebas dengan asap rokok. Akan lebih baik lagi jika anda menghindari asap lain yang dapat memperburuk gejala alergi, seperti semprotan aerosol dan asap dari pembakaran kayu perapian.
  4. Jika anda mulai merasa gejala penyakit alergi seperti sesak nafas atau memiliki postnasal drip dari penyakit alergi yang anda alami, cobalah minum lebih banyak air, jus, atau cairan lainnya. Dengan minum cairan tambahan dapat membantu anda untuk mengencerkan lendir di dalam hidung Anda dan mungkin meredakan sesak nafas. Cairan panas, seperti teh, kaldu, atau sup, dapat menenangkan karena ada tambahan manfaat uap yang dapat diambil dari cara tersebut.

Tips yang dapat anda gunakan untuk menghindari penyebab alergi

1. Dengan menjaga kebersihan linggungan anda dari debu. Kebersihan tubuh yang kurang terawat dapat memicu timbulnya berbagai penyakit kulit seperti penyakit alergi akibat jamur seperti panu, kudis, kurap, dan lain sebagainya. Selain itu biang keringat juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit gatal pada kulit.

2. Makanan yang menyebabkan gatal akibat alergi yang menyebabkan gatal-gatal. Pada umumnya makanan yang dpat memicu munculnya penyakit alergi pada kulit seperti telur, susu, dan beberapa jenis kacang. Reaksi alergi yang ditimbulkan sangat beragam, ada yang menyebabkan gatal ringan dan juga gatal yang diikuti dengan rasa panas pada kulit sesudah digaruk.

3. Orang yang memiliki penyakit alergi terhadap cuaca dingin sebaiknya anda menggunakan baju hangat yang dapat membantu menghangatkan tubuh anda yang dapat meringankan gejala alergi kulit anda.

4. Gigitan serangga yang menumbulkan rasa gatal seperti gigitan nyamuk atau kutu rambut. Gigitan serangga tertentu dapat berbahaya sehingga perlu diwaspadai.

Gejala yang muncul akibat penyebab alergi seperti:

1. urticaria atau bercak-bercak kemerahan yang muncul akibat alergi terhadap udara dingin.

2. Hidung yang terus berair, bersin-bersin, dan hidung tersumbat termasuk gejala yang muncul yang hampir mirip dengan gejala flu.

3. Asma dan sesak nafas yang disebabkan karena menghirup udara dingin. Dan untuk anda yang memiliki asma sebaiknya selalu membawa inhaler dan menggunakan masker agar udara yang dihirup sedikit lebih hangat.

4. Pembengkakan yang terjadi akibat adanya penyebab alergi yangb ada kaitan dengan bercak-bercak kemerahan yang muncul. Kondisi ini juga disertai dengan penurunan tekanan darah yang bisa membahayakan untuk kesehatan tubuh anda.

Untuk anda yang sudah mengalami salah satu gejala yang muncul akibat adanya penyebab alergi, ada baiknya untuk anda membuat janji dengan dokter ahli alergi untuk mengkonsultasikan alergi yang anda derita. Dapat juga untuk mengetahui pemicu yang menyebabkan anda alergi.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Alergi Membantu Meredakan Gejala Alergi Kulit, Alergi Dingin, Alergi Makanan & Alergi Debu, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Alergi Kulit and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>